RESUME
PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN BAYI DINILAI DARI
DDST, KPSP, KPAP, TDD,
TDL
PEMANTAUAN
TUMBUH KEMBANG NEONATUS, BAYI DAN BALITA
A.
Tumbuh
Kembang
1) Tumbuh
kembang anak
Anak
a. Anak
memiliki suatu ciri khas yang selalu selalu tumbuh dan berkembang, sehingg anak
berbeda dari orang dewasa
b. Anak
tidak bias didentikkandengan orang dewasa dalam bentuk kecil
c. Anak
memiliki UU perlindungan anak No. 23 tahun 2002
d. Dalam
UU perlindungan anak pasal 4 disebutkan
bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbungh, berkembang, dan
berpartisipasi secara wajar
2) Pertumbuhan
Pertumbuhan
adalah pertumbuhan ukuran-ukuran rubuh yang meliputi BB, TB, LK, lingkar dada
(LD), dan lain-lain, atau bertambahnya jumlah dan ukuran sel-sel pada semua system organ tubuh.
1. Potensi
tinggi badan (genetic) padausia 18 tahun
Laki
= (tinggi badan ayah + tinggi badan ibu + 13 cm)± 8,5 cm
2
Perempuan
= (tinggi badan ayah + tinggi badan ibu – 13 cm ) ± 8,5 cm
2
2. Berat
badan
Berat
badan dipengaruhi oleh beberapa hal:
a. Genetic
(keturunan)
b. Asupan
nutrisi ( makan, minum dan kudapan)
c. Penyerapan
dan pengeluaran usus
d. Aktifitas
fisik
e. Metabolism
tubuh dan hormone
f. Penyakit
kronik , seperti jantung, infeksi, saluran kemih (ISK) dan TBC
g. Kadar
air dan lemak tubuh
3. Lingkar
kepala
a. Lingkar
kepala berhubungan dengan perkembangan volume otak
b. Ingkar
kepala lebih besar (makrosefali) menandakan hal-hal berikut :
·
88% IQ normal
·
5% retardasi mental ringan
·
7 % retardasi mental berat ( Lober dan
Priestly, 1981)
c. Jika
lingkar kepala lebih kecil dari normal (mikrosefali, maka dicurigai terjadi
retardasi mental)
d. Riwayat
kehamilan dan kelahiran yang buruk serta adanya penyakit yang tidak kunjung sembuh sampai usia 3 tahun,
maka erat kaitannya dengan retardasi mental
3) Perkembangan
Perkembangan
adalah bertambahnya kemampuan atau fungsi semua system organ tubuh sebagai
akibat bertambahnya kematangan fungsi-fungsi system organ tubuh
1. Faktor-faktor
yang berperan dalam perkembangan seorang anak
a. Keturunan
(genetic), terutama orang tua, ayah,
ibu, nenek, dan kakek.
Lingkungan (fisiko-bio-psiko-sosial)
yang terdiri atas beberapa hal berikut :
·
Nutrisi atau gizi
·
Paparan toksin atau zat kimia atau
radiasi
·
Infeksi janin pascanatal
·
Kebersihan dan sanitasi
·
Social ekonomi
·
Obat-obatan
·
Lingkungan pengasuhan
·
Pemberian stimulasi atau rangsangan
·
Kualitas pengasuh
·
Teman serta sekolah
2. Apa
yang dibutuhkan anak ?
a. Kebutuhan
fisik dan biomedis
Nutrisi
yang adekuat dan seimbang atau gizi seimbang (4 sehat 5 sempurna) yang
dibutuhkan bayi adalah ASI eksklusif, MP-ASI, dan makanan anak.pemberian makan
pada anak selain untuk mencukupi kebutuhan fisiknya, juga untuk mendidik
kebiasaan makan anak.
b. Nutrient
yang penting
·
Zat pembangun terdiri atas rotein hewani
dan nabati. protein mengandung asam amino esensial, antara lain lisin, leusin,
isoleusin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, valin, dan histidine. Zat
ini berfungsi untuk mengganti jaringan yang usak
·
Zat sumber tenaga atau energy.
·
Zat penunjang membrane sel yang
bersumber dari lemak (susu, keju, kuning telur, dll). Lemak merupakan sumber
energy utama bagi bayi. Palatabilitas adalah kemampuan untuk merasakan atau
mencicipi kelezatan makanan yang biasanya terdapat dalam asam lemak esensial.
·
Zat pelindung yang terdiri dari vitamin
dan mineral. Vitamin yang larut dalam lemak (A,D,E dan K).
·
Air memiliki porsi terbesar dalam tubuh
·
Nutrisi yang dibutuhkan otak, seperti
glukosa, vitamin, mineral, dan zat gizi esensial
Umur
|
Energy (Kkal/kg/hr)
|
Protein (g/kg/hr)
|
10 hari- 1 bulan
|
120
|
2,5
|
1-6 bulan
|
95-115
|
2,0 -2,25
|
6-12 bulan
|
90
|
1,7
|
1-2 tahun
|
90
|
1,5
|
2-3 tahun
|
90
|
1,1
|
3-5 tahun
|
90
|
1,1
|
Download disini
0 comments:
Post a Comment