Search This Blog

Powered by Blogger.

TUGAS ISBD MATERI 4, 5, 6



TUGAS
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)

1.      ASPEK KEHIDUPAN, PERKEMBANGAN MASALAH MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
2.      ASPEK SOSIAL BUDAYA YANG BERPENGARUH TERHADAP LAYANAN KEBIDANAN
3.      CARA-CARA PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA DALAM PRAKTIK KEBIDANAN





ASPEK KEHIDUPAN, PERKEMBANGAN MASALAH MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN

A.    Konsep Masyarakat dan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia
1.      Konsep Dasar Masyarakat
Istilah masyarakat berasal dari Bahasa Arab, yaitu syrak atau syaraka yang artinya ikut serta atau berpartisipasi. Dalam Bahasa Arab, masyarakat disebut dengan mujtama’, yang menurut Ibnu Mansyur dalam Lisan al ‘Arab mengandung arti pertama, pokok dari segala sesuatu, yakni tempat tumbuhnya keturunan; kedua, kumpulan dari orang banyak yang berbeda-bea. Musyarakah mengandung arti berserikat, bersekutu dan saling bekerja sama. Pegertian musyarakah dan mujtama adalah masyarakat merupakan kumpulan dari orang banyak yang berbeda-beda., tetapi menyatu dalam ikatan kerja sama, dan mematuhi peraturan yang disepakati bersama.
2.      Konsep Masyarakat dan Sosial Budaya Masyarakat
Dinamika sosial dan kebudayaan itu, tidak terkecuali melanda masyarakat Indonesia, walaupun luas spektrum dan kecepatannya berbeda-beda. Demikian pula masyarakat dan kebudayaan Indonesia pernah berkembang dengan pesatnya di masa lampau, walaupun perkembangannya dewasa ini agak tertinggal apabila dibandingkan dengan perkembangan di negeri maju lainnya. Betapapun, masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang beranekaragam itu tidak pernah mengalami kemandegan sebagai perwujudan tanggapan aktif masyarakat terhadap tantangan yang timbul akibat perubahan lingkungan dalam arti luas maupun pergantian generasi.
Ada sejumlah kekuatan yang mendorong terjadinya perkembangan sosial budaya masyarakat Indonesia. Secara kategorikal ada 2 kekuatan yang mmicu perubahan sosial,
·         Petama, adalah kekuatan dari dalam masyarakat sendiri (internal factor), seperti pergantian generasi dan berbagai penemuan dan rekayasa setempat.





Download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment