Search This Blog

Powered by Blogger.

TUGAS ISPA



ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN SISTEM PERNAFASAN: ISPA






BAB I
PENDAHULUAN
  
1.1    Latar Belakang
Berbagai penyakit saluran pernafasaan khususnya ISPA (infeksi saluran penafasaan akut) ini merupakan masalah kesehatan masyarakat yang mempunyai dampak luas di masyarakat dimana penyakit ISPA adalah penyakit yanag mengkhawatirkan dan ditakuti oleh masyarkat karena dapat menyebabkan komplikasi yanag berat, dan jika tidak segera ditolongi akan menyebabkan kematian pada anak atau tidak akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak (Depkes RI, 2007).
ISPA masih merupakan masalah kesehatan yang penting karena menyebabkan kematian bayi dan balita yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4 kematian yang terjadi. Setiap anak diperkirakan mengalami 3-6 episode ISPA setiap tahunnya 40%-60% dari kunjungan di puskesmas adalah penyakit ISPA. Dari seluruh kematian disebabkan oleh ISPA mencakup 20% -30% kemudian yang terbesar umumnya adalah pneumonia dan pada bayi kurang dari 2 bulan (Benih, 2008).
World health organizarion (WHO) memeperkirakan insidens saluran infeksi saluran pernafasaan akaut (ISPA) di Negara berekembang dengan anagka kematian balita di atas 40 Per 100 kelhiran hidup adalah 15%-20% Pertahun pada golongan usia baliat dan 13 juta anak balita di dunia meninggal setiap tahun dan sebagian besar kematian tersebut terdapat di negara berkembang, dimana pneumonia merupakan salah satu penyebab utama kematian dengan membunuh ± 4 juta anak balita setiap tahun (Asrun, 2009).
Menurut WHO tahun 2012, sebesar 78% balita yang berkunjung ke pelayanan kesehatan adalah akibat ISPA, khususnya pneumonia. ISPA lebih banyak terjadi di negara berkembang dibandingkan negara maju dengan persentase masing-masing sebesar 25% - 30% dan 10% - 15%. Kematian balita akibat ISPA di Asia Tenggara sebanyak 2.1 juta balita pada tahun 2004 (Fitri, 2012). India, Bangladesh, Indonesia, dan Myanmar merupakan negara dengan kasus kematian balita akibat ISPA terbanyak (Usman, 2012).




Download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment