Search This Blog

Powered by Blogger.

SKIL LAB JIWA



TUGAS
SKIL LAB JIWA


DEWASA

A.     Pengertian
Masa ini sering disebut adult, masa dewasa,masa dimana usia sudah berkisar ke angka diatas 21 tahun. Masa dewasa merupakan periode yang penuh tantangan, penghargaan dan krisis.Selain itu masa dimana mempersiapkan masa depan, penentu karier dan masa usia memasuki dunia pekerjaan dan masa dunia perkarieran, masa mempersiapkan punya keturunan dan masa usia matang, masa penentuan kehidupan, dan prestasi kerja di masyarakat, masa merasa kuat dalam hal fisik, masa energik, masa kebal, masa jaya dan masa merasakan hasil perjuangan. Masa dewasa ditandai kemampuan produktif dan kemandirian. Menurut Prof. Dr. A.E Sinolungan (1997), masa dewasa patdi bagi dalam beberapa fase yaitu:
1.      Fase dewasa awal
Fase dewasa awal (20/21-24 tahun), seorang mulai bekarya dan mulai melepaskan ketergantungan kepada orang lain. Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa awal yaitu:
a.       Mereka mendapat pengawasan dari orang tua
b.      Mereka mulai mengembangkan persahabatan yang akrab dan hubungan yang intim di luar
c.       Mereka membentuk seperangkat nilai pribadi
d.      Mereka mengembangkan rasa identitas pribadi
e.       Mereka mempersiapkan untuk kehidupan kerja
2.      Fase Dewasa tengah
Fase dewasa tengah (25-40 tahun) ditandai sikap mantap memilih teman hidup dan membangun keluarga. Dewasa tengah menggunakan energy sesuai kemampuan nyauntukmenyesuaikan konsep diri dan citra tubuh terhadap realita fisiologis dan perubahan padan penampilan fisik. Harga diri yang tinggi, citra tubuh yang bagus dan sikap posiif terhadapperubahn fisiologis muncul jika orang dewasa mengikuti latihan fisik diet yang seimbang, tidur yang adekuat dan melakukan hygiene yang baik.
a.       Teori-teori tentang masa dewasa tengah
1)      Teori Erikson
Menurut teori perkembangan Erikson, tugas perkembangan yang utama pada usia baya adalah mencapai generatifitas (Erikson, 1982).Generatifitas adalah keinginan untuk  merawat dan membimbing orang lain. Dewasa tengah dapat mencapai generatifitas dengan anak-anaknya melalui bimbingan dalam interaksi sosialengan generasi berikutnya. Jika dewasa tengah gagal mencapai generatifitas akan terjadi stagnasi. Hal ini ditunjukkan dengan perhatian yang berlebihan pada dirinya atau perilaku merusak anak-anaknya dan masyarakat.
2)      Teori Havighurst
Teori perkembangan Havighurst telah diringkas dalam tujuh perkembangan untuk orang dewasatengah (Havighurst, 1972). Tugas perkembangantersebut meliputi:
a)        Pencapaian tanggung jawab social orang dewasa
b)       Menetapkan dan mempertahankan standar kehidupan
c)        Membantu anak-anak remaja tanggung jawab dan bahagia
d)       Mengembangkan aktivitas luang
e)        Berhubungan dengan pasangannya sebagai individu
f)         Menerima dan menyesuaikan perubahan fisiologis pada usia pertengahan
g)        Menyesuaikan diri dengan orang tua yang telah lansia.



Download disinihttps://drive.google.com/file/d/0BxYDBU-rdS_dbTZZRDVFX3h3X1k/view?usp=sharing

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment