Search This Blog

Powered by Blogger.

TUGAS TRANSCULTURAL NURSING



TUGAS
TRANSCULTURAL NURSING




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Pada kesempatan kali ini kami membahas “TRANCULTURAL NURSING”. Dalam menulis makalah ini, kami mengalami beberapa kesulitan. Namun dengan usaha dan kesungguhan kami dalam mengerjakan penyususnan makalah ini akhirnya kami dapat menyajikan makalah ini.
Kami berharap makalah yang kami susun ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya yang membaca, sehingga apa bila kita bila menjumpai klien dengan penyakit katarak kita bisa mencegah dan menangganinya sejak awal.


Penyusun,




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ............................................................................................. i
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................... 1
1.1    Latar Belakang ..................................................................................... 1
1.2    Rumusan Masalah ................................................................................ 2
1.3    Tujuan .................................................................................................. 2
1.4    Manfaat ................................................................................................ 2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ......................................................................... 3
A.    Pengertian Transkultural Nursing .......................................................... 3
B.     Teori Transcultular Nursing ................................................................... 3
C.     Konsep Dalam Transcultural Nursing ................................................... 4
D.    Paradigma Transcultural Nursing .......................................................... 5
E.     Peran dan Fungsi Transkultural ............................................................. 7
F.      Proses Keperawatan Transcultural Nursing .......................................... 8
BAB III KESIMPULAN .................................................................................... 13
3.1    Kesimpulan ........................................................................................ 13
3.2    Saran .................................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA












BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Transkultural Nursing mengetahui bagaimana seorang perawat itu dalam melaksanakan tugasnya yang berhubungan dengan nilai budaya dalam masyarakat. Dimana kebudayaan itu mempengaruhi seorang perawat dalam melaksanakan tugasnya atau dalam perawatan pasiennya.dalam hal ini konsep transkultural sangat diperlukan, konsep keperawatan tersebut merupakan konfigurasi dari ilmu kesehatan dan seni perawat meliputi pengetahuan ilmu humanistic, philosopi perawatan, praktik klinis keperwatan,komunikasi dan ilmu sosial.oleh karena itu tindakan keperawatan harus didasarkan pada tindakan yang komperhensip skaligus holistik.
Dalam hal ini transkultural nursing mempunyai pengaruh yang sangat luas terhadap kehidupan individu, hal ini sangat penting bagi perawat untuk mengetahui latar belakang budaya seorang pasien dalam melaksanakan asuhan keperawatan, misalnya kita mengetahui kebiasaan hidupnya sehari-hari, seperti tidur, makan, kebersihan dirinya.
Peran perawat sangat komprehensif dalam menangani klien karena peran perawat adalah memenuhi kebutuhan biologis, sosiologis, psikologis, dan spiritual klien. Namun peran spiritual ini sering kali diabaikan oleh perawat. Padahal aspek spiritual ini sangat penting terutama untuk pasien terminal yang didiagnose harapan sembuhnya sangat tipis dan mendekati sakaratul maut.
Agama dalam ilmu pengetahuan merupakan suatu spiritual nourishment (gizi ruhani). Seseorang yang dikatakan sehat secara paripurna tidak hanya cukup gizi makanan tetapi juga gizi rohaninya harus terpenuhi. Menurut hasil Riset Psycho Spiritual For AIDS Patient, Cancepatients, and for Terminal Illness Patient, menyatakan bahwa orang yang mengalami penyakit terminal dan menjelang sakaratul maut lebih banyak mengalami penyakit kejiwaan, krisis spiritual, dan krisis kerohanian sehingga pembinaan kerohanian saat klien menjelang ajal perlu mendapat perhatian khusus (Hawari, 1977).
1.2    Rumusan Masalah
1.         Apa pengertian dari transkultural nursing?
2.         Bagaimana konsep dalam transkultural nursing?
3.         Bagaimana paradigma dalam keperawatan transkultural nursing?
4.         Bagaimanakah peran dan fungsi transkultural?
5.         Bagaimna proses keperawatan dari transkultuiral nursing?

1.3    Tujuan
1.         Mengetahui pengertian dari transkultural nursing
2.         Mengetahui konsep dalam transkultural nursing
3.         Mengetahui paradigma dalam keperawatan transkultural nursing
4.         Mengetahui peran dan fungsi transkultural
5.         Mengetahui proses keperawatan dari transkultuiral nursing

1.4     Manfaat
Diharapkan makalah tentang transcultural nursing dapat bermanfaat dalam berbagi proses pembelajaran dan mampu menambah wawasan serta dapat digunakan sebagai acuan pengembangan ilmu keperawatan.
                   



BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Pengertian Transkultural Nursing
Bila ditinjau dari makna kata, transkultural berasal dari kata trans dan culture, trans berarti alur perpindahan, jalan lintas atau penghubung, sedangkan culture berarti budaya. Menurut kamus besar bahasa indonesia; trans berarti melintang, menembus, melintas dan melalui. Cultur berarti kebudayaan, cara pemeliharaan, kepercayaan, nilai-nilai dan pola prilaku yang umum berlaku bagi suatu kelompok dan diteruskan pada generasi berikutnya, sedangkan cultural berarti sesuatu yang berkaitan dengan kebudayaan. Jadi, transkultural dapat diartikan sebagai pertemuan kedua nilai-nilai budaya yang berbeda melalui proses interaksi sosial. Transkultural nursing merupakan suatu area kajian ilmiah yang berkaitan dengan perbedaan maupun kesamaan nilai-nilai budaya. Menurut Leininger (1991).
Transcultural Nursing adalah suatu keilmuwan budaya pada proses belajar dan praktek keperawatan yang fokus memandang perbedaan dan kesamaan diantara budaya dengan menghargai asuhan, sehat dan sakit didasarkan pada nilai budaya manusia, kepercayaan dan tindakan, dan ilmu ini digunakan untuk memberikan asuhan keperawatan khususnya budaya atau keutuhan budaya kepada manusia (Leininger, 2002).

B.     Teori Transcultular Nursing
Teori keperawatan atau konsep model dalam keperawatan merupakan teori yang mendasari bagaimana seorang perawat dalam mengaplikasikan praktik keperawatan, beberapa teori diantaranya adalah teori adaptasi dari roy, teori komunikasi terapeutik dari peplau, teorigoal atteccment dari bety newman dan Teori keperawatan atau konsep model dalam keperawatan merupakan teori yang mendasari bagaimana seorang perawat dalam mengaplikasikan praktik keperawatan, beberapa teori diantaranya adalah teori adaptasi dari Roy, teori komunikasi terapeutik dari Peplau, teorigoal Atteccment dari Bety Newman dan Teori keperawatan atau konsep model dalam keperawatan merupakan teori yang mendasari bagaimana seorang perawat dalam mengaplikasikan praktik keperawatan, beberapa teori diantaranya adalah teori adaptasi dari roy, teori komunikasi terapeutik dari peplau, teorigoal atteccment dari bety newman dan Teori keperawatan atau konsep model dalam keperawatan merupakan teori yang mendasari bagaimana seorang perawat dalam mengaplikasikan praktik keperawatan.



Download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment