Search This Blog

Powered by Blogger.

ALAT-ALAT KESEHATAN



TEKNOLOGI KESEHATAN
ALAT-ALAT KESEHATAN

1.        Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Kebidanan
a.       Fetal Doppler
http://www.meditech.cn/images/fetal-doppler/fetal-doppler.jpg
Adalah merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi denyut jantung bayi, yang menggunakan prinsip pantulan gelombang elektromagnetik,  alat ini adalah sangat berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan janin, sangat disarankan untuk dimiliki di rumah sebagai deteksi harian, selain aman juga mudah dalam penggunaannya serta harga yang sangat terjangakau untuk dimiliki
b.      Staturmeter
Adalah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan, alat ini adalah sangat sederhana pada disainnya karena hanya ditempelkan pada tembok bagian atas dan ketika akan digunakan hanya perlu untuk menariknya sampai ke bagian kepala teratas, sehingga dapat diketahui tinggi badan orang tersebut.
c.       Eye Protector Photo Therapy
http://www.zechengen.com/imageRepository/a3c0855f-c446-4c19-ab40-21ec981afb3e.jpg
Adalah alat bantu yang digunakan untuk melindungi bagian mata bayi pada saat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar X-ray atau jenis pemeriksaan lain yang menggunakan media sinar agar tidak mengganggu pengelihatan bayi yang akan diperiksa.
d.      Alat Pengukur Panjang Bayi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2tmWU3kBM-GSALjqdD0NCoAiwtQ2keKcfh6FHJB_pzTYNZ4Qv8laWmR-HlPHADsvQ8PYe9NfoKIVWc0NE0rysHTBx8fYvOKax7qMD66ZhiCaZVTk2-VptxnUCbisDUnxr9ubmWIfELc4/s1600/191120141362-002.jpg
Adalah merupakan peralatan sederhana yang biasa digunakan oleh bidan dan petugas posyandu, untuk mengetahui perkembangan tinggi bayi dari waktu ke waktu, terbuat dari kayu dengan mistar yang mudah dibaca.
e.       Breast Pump
Biasa digunakan oleh para ibu yang berkarier di luar rumah, agar ASI tidak terbuang dengan percuma, sehingga bayi tetap bisa mendapatkan ASI dari bundanya.
f.       Lingkar Lengan Ibu Hamil
Adalah tanda yang digunakan untuk mempermudah mengidentifikasi bayi dan bundanya, pada umumnya dipakaikan pada bayi dan bundanya di rumah sakit bersalin.
g.      Pengukur Panjang Bayi (Calipher)
Adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang bayi dengan ketepatan pengukuran yang tinggi, karena skala yang digunakan pada alat ini lebih detail, sehingga setiap inchi pertumbuhan bayi dapat diketahui.
h.      Reflek Hammer / Patella
http://www.mortonmedical.co.uk/images/Taylor_Percussion_Hammer.jpg
Sejenis hammer yang dilapisi dengan karet yang digunakan untuk mengetahui respon syaraf  dari anggota tubuh biasanya kaki





Download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment